Hal yang Wajib Ada dalam Audit Laporan Keuangan

Audit sendiri memiliki pengertian secara harfiah sebagai suatu proses secara sistematis untuk mendapatkan dan mengevaluasi secara objektif bukti tentang kejadian dan tindakan ekonomi yang sesuai dengan data dan kriteria hasil untuk suatu kepentingan. Secara garis besar tujuan data audit sendiri sebagai indikator untuk menilai suatu kondisi dan kinerja perusahaan secara objektif dan transparan. Untuk lebih mengetahui secara lengkap apa saja yang ada pada data objektif pada audit sendiri, berikut beberapa hal yang wajib ada di dalam audit laporan keuangan:

Keuangan atau uang

Uang menjadi hal utama yang diproses dari data audit. Secara garis besar, jasa audit laporan keuangan perusahaan digunakan untuk melihat perputaran uang dan keuntungan. Selain itu, untuk menganalisa mungkin ada unsur kerugian dari perusahaan. Biasanya audit laporan perusahaan menggunakan jasa audit laporan keuangan yang profesional. 

Bukti dan memiliki legalitas

Yang paling utama dan wajib harus dimiliki dalam audit laporan keuangan adalah bukti baik itu fisik, bukti dokumen, bukti konfirmasi, bukti matematis, bukti analitis dan juga bukti keterangan.

  • Bukti audit fisik merupakan bukti yang dapat terlihat, dapat diamati, dihitung dan bahkan diinspeksi. Bersifat faktual dimana hal ini mampu memberikan dukungan pada tujuan audit.
  • Bukti audit dokumen, dalam proses audit, dokumen menjadi hal yang sangat penting. Dibutuhkan banyak dokumen untuk diolah dalam proses audit ini sendiri. Dokumen tersebut bisa berupa pemeriksaan terhadap catatan klien dan dokumen arsip perusahaan. Dimana pada bukti audit ini sendiri dikategorikan dua dokumen yaitu internal dan eksternal.
  • Selanjutnya, Bukti audit konfirmasi merupakan bukti dimana auditor dalam proses audit memperoleh tanggapan dari pihak ketika terkait dengan verifikasi atau akurasi informasi yang dibutuhkan auditor.
  • Bukti auditor matematis adalah bukti yang diperoleh auditor untuk kegiatan penghitungan.
  • Bukti auditor analitis, merupakan tahap uji secara substantif dari informasi keuangan dengan membandingkan hubungan antar data.
  • Terakhir, bukti audit keterangan merupakan bukti yang diperoleh sebagai informasi dari tulisan maupun lisan atas tanggapan pertanyaan yang diajukan oleh auditor.
Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article

Kawasan Internasional Industrial Estate Kertajati

Next Article

Pengertian Lengkap Service Excellence

Related Posts